30 Januari 2013

Honda Jazz Edisi Baru Laris Manis di Pekanbaru

Baru diboyong ke Pekanbaru, penjualan New Honda Jazz langsung melejit. Hingga kini tercatat 120 unit sudah laku terjual.
 
PEKANBARU- Seperti sudah dinanti-nanti, kehadiran New Honda Jazz baru-baru ini di Pekanbaru langsung mendapat respon positif dari masyarakat. Terbukti, penjualan New Honda Jazz sudah mencapai angka 120 unit di Riau.

General Manager Honda Soekarno Hatta Ricky W. Anwar mengatakan, model terbaru dari Honda Jazz yang sudah fenomenal di pasar otomotif nasional karena berhasil memicu tren baru untuk sebuah mobil hatchback, memang sudah dinantikan pencintanya. Maka tak heran dalam waktu singkat, ketika hadir di Pekanbaru, New Honda Jazz mampu terjual 120 unit di Riau.


“Honda Jazz memang selalu menarik dan ditunggu-tunggu kehadirannya. Dari dua dealer Honda yaitu Soekarno Hatta dan Arista Sudirman, penjualan sudah mencapai di angka 120 unit, “tuturnya saat ditemui riauterkinicom di ruang kerjanya Jalan Soekarno Hatta Nomor 168 Pekanbaru, Rabu (29/1/13).

Dijelaskan, New Honda Jazz kini hadir dengan desain lebih sporty dan fitur baru yang semakin lengkap serta varian baru yang lebih terjangkau. New Honda Jazz kini juga menawarkan tiga varian yang terdiri dari tipe RS yang sporty, tipe S yang “advanced” dan tipe baru yaitu A (Alpha)dengan harga lebih terjangkau.

Perubahan pada New Honda Jazz tipe RS meliputi desain Hexagonal Front Grill baru yang dilengkapi dengan emblem RS, Smoke Head Lamp, Desain alloy wheel 16 inchi yang baru, Tailgate Spoiler yang semakin sporty, serta Smoke Rear Combination Lamp. Di bagian kabin, New Honda Jazz RS kini menampilkan Audio sistem baru dengan layar sentuh 6,1 inchi untuk yang kompatibel dengan iPod, iPhone, Blackberry, USB, DVD, CD dan iPhone App Mode (dengan kabel tambahan dan untuk iPhone 4 & 4S). Untuk menambah keamanan kendaraan, sekarang juga tersedia Security Alarm.

New Honda Jazz tipe S tampil dengan Chrome Front Grill serta spion yang dilengkapi dengan lampu sen. New Honda Jazz S kini juga dilengkapi dengan Audio System 2-DIN baru yang juga kompatibel dengan iPod, iPhone, Blackberry, USB dan CD. Selain itu, juga tersedia fitur Keyless Entry serta Security Alarm.

Sementara New Honda Jazz tipe A, disematkan fitur-fitur yang telah menjadi keunggulan dari Honda Jazz selama ini, termasuk ULTRA Seat yang memberikan fleksibilitas pengaturan bangku belakang dan depan, Drive by Wire untuk rasa berkendara yang lebih mulus, Power Door Mirror, Green Glass, Tilt Steering Wheel, Multi Information LCD Display, serta perangkat keselamatan berstandar tinggi seperti bodi G-CON + ACETM, Neck Shock Mitigation Seat, Pedestrian Protection, ABS + EBD, dan Immobilizer.

“Semua varian New Honda Jazz ini kami banderol mulai dari Rp200 jutaan hingga Rp240 jutaan. Untuk yang inden, estimasi delivery 2 bulan untuk tipe RS dan A sementara tipe S hanya sekitar 1 bulan, “terangnya.
 

23 Januari 2013

Peluncuran Honda CB150R di Pekanbaru Digelar 3 Hari

Bersiaplah menyambut kehebohan peluncuran Honda CB150R di Pekanbaru. Dijanjikan meriah dengan kehadiran Saykoji dan Bexxa. Tak cukup sehari, tapi tiga hari. Seruuu! Dimeriahkan Saykoji dan Bexxa.
 
PEKANBARU- Peluncuran secara resmi Honda CB150R di Kota Bertuah dipastikan meriah. Tak tanggung-tanggung, selain menggelar pesta 3 hari berturut-turut mulai 25 Januari-27 Januari 2013 mendatang di MTC Giant Panam, main dealer Honda wilayah Riau PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) mendatangkan dua artis ibukota sekaligus yakni Saykoji dan Bexxa.

Dalam konferensi pers yang dihadiri Regional Head PT CDN Johan, Sales Departement Head PT. CDN Sie Ceng SE, Supervisor Promosi PT CDN Haryanto Budiman, HC3 Dept PT CDN Riau Donni Marpaung membuka pertemuan mengatakan, selain memperkenalkan Honda CB150R secara resmi kepada masyarakat Riau dan memberikan hiburan menarik kepada konsumen setia Honda, kehadiran CB150R StreetFire diharapkan kian memperkokoh brand image Honda khususnya di tipe sport.

“Launching ceremony nya kami gelar 27 Januari 2013 menampilkan Saykoji dan Bexxa. Target Honda adalah memenangkan segmen Sport di tahun 2013 sehingga misi untuk memenangkan seluruh area dan seluruh segmen dapat tercapai, “timpal Regional Head PT CDN Johan, Selasa (22/1/13).

Dilanjutkan Donni, tak hanya dua artis ibukota yang akan menghibur masyarakat Riau. Pihaknya juga bahkan telah menyiapkan beragam rangkaian acara diantaranya Band Competition, Photography Competition, Sexy Dance Performance, BMX Freestyle, Motorcycle Freestyle, Rock Band Perform, Parkour Performance, Bazaar, Flashmob Competition Honda Cafe, Riding Test dan Launching Ceremony.

Tak sampai disitu, semua pengunjung bahkan dimanjakan dengan beragam promo sangat menarik yaitu program diskon angsuran Rp30 ribu per bulan untuk tipe cub, diskon angsuran Rp40 ribu per bulan tipe matic, diskon angsuran Rp60 ribu per bulan untuk tipe sport, diskon angsuran Rp70 ribu per bulan plus jaket sporty untuk tipe CB150R, pembelian cash memperoleh jaket One HEART untuk semua tipe), pembelian kredit memperoleh HP Nexian N269 khusus tipe cub, pembelian cash dan kredit memperoleh jaket go green khusus BeAT FI.

“Yang jelas, selama 3 hari berturut-turut dari pagi sampai malam kami ingin pesta kemeriahan peluncuran Honda CB150R dapat dinikmati bersama-sama oleh masyarakat Riau, “tukasnya sumringah.

Targetkan 600 unit Perbulan di Riau

Kehadiran Honda CBR150R memang sudah lama dinantikan masyarakat Riau khususnya pencinta Honda di segmen sport. Sehingga tidaklah heran, Honda mengusung target penjualan 600 unit per bulan untuk wilayah Riau dan 15.000 unit per bulan secara nasional.

Honda CB150R StreetFire memiliki desain terkini mengusung desain speedy shape berkarakter tajam, berkesan ramping dan ringan sebagai cerminan dari motor sport berperforma tinggi yang membangkitkan aura kecepatan. Garis desainnya seirama dan menyatu serta mengalir mulai dari lampu depan hingga spakbor belakang, sehingga menunjang tampilan keseluruhan yang sporti dan agresif.

Honda CB150R StreetFire dibekali mesin 150cc, 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, 6-Kecepatan, berbasis Honda CBR150R yang merupakan flagship Honda di segmen motor sport dengan model full fairing. Mesin berpendingin cairan (Liquid-Cooled) yang telah menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection) ini menghasilkan performa mesin yang luar biasa, akselerasi terbaik di kelasnya sekaligus hemat bahan bakar dan ramah lingkungan (standar emisi gas buang Euro-2).

Daya maksimum 12,5 kW (17,00 PS) per 10.000 rpm dan torsi maksimum 13,1 Nm (1,34 kgf.m) per 8.000 rpm, mesin Honda CB150R STREETFIRE menghasilkan performa yang luar biasa, karena dapat mencapai kecepatan maksimum 122 km per jam serta akselerasi 10,6 detik untuk menempuh jarak 0-200 meter.

Honda CB150R StreetFire didesain menggunakan rangka inovatif tipe truss atau trellis yang ringan namun memiliki kekuatan yang tinggi. Rangka ini dirancang khusus untuk menunjang mesin, memaksimalkan kinerja sistem suspensi Pro-Link dan mengurangi getaran mesin secara optimal, sehingga menghasilkan kestabilan, kelincahan dan kenyamanan selama berkendara.

Honda CB150R StreetFire mengadopsi salah satu fitur canggih model CBR250R, yaitu sistem suspensi belakang Pro-Link yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi jalan sehingga membuatnya lebih stabil dan nyaman karena mampu membuat guncangan pada tempat duduk terasa lebih lembut. Untuk mengendalikan kecepatan, model ini sudah dilengkapi dengan rem cakram ganda yang menghasilkan tenaga pengereman maksimal di segala kondisi perjalanan.

Selain itu, Honda CB150R StreetFire memiliki panel meter dengan latar belakang grafik berwarna putih yang sporti serta didukung panel digital yang futuristik. Panel digital ini menampilkan informasi yang lengkap, seperti speedometer, odometer, trip meter, clock, dan fuel meter dalam satu tampilan layar.

Honda CB150R StreetFire juga sudah dilengkapi velg racing palang 6 berpola bintang serta memiliki penampang palang berbentuk U tebal yang sporti. Velg racing ini dibalut dengan ban tipe tubeless sehingga menjadikannya lebih aman dan praktis. Selain itu, model ini juga dilengkapi fitur unggulan lain seperti pengaman kunci bermagnet (Magnetic Key Shutter), sehingga tampil lebih modern sekaligus praktis dan efektif mengurangi resiko pencurian motor.

“Honda CB150R StreetFire hadir dengan empat pilihan warna yaitu Speedy White, Lightning White, Astro Black, Furious Red dan dipasarkan Rp23.008.000 OTR Pekanbaru, “tukas Donni.

Sumber :  http://www.riauterkini.com

Curi Motor di Rohul, Pemuda Sumut Ditangkap di Kampungnya

Seorang pemuda asal Padang Lawas, Sumut dijemput jajaran Polres Rohul di kampungnya. Ia merupakan tersangka pencurian sepeda motor.
 
PASIRPANGARAIAN- Seorang pemuda asal Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berinisial AH alias Budi alias Dedi (18) dijemput paksa personil Polsek Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu dari kampungnya.

Warga Aek Lintah Kecamatan Binanga Padang Lawas Selatan itu diamankan personil dari Polsek Rambah Hilir dibantu personil Polsek Sosa. Dia diamankan bersama barang bukti satu unit sepeda motor Mega Pro hitam nopol BM 5339 MS di sebuah warung di Palas tidak jauh dari rumahnya, Selasa sore lalu (22/1/13) sekitar pukul 17.15 Wib.

Saat ditangkap, Polisi juga temukan Mega Pro terpakir disana. Setelah dilakukan cek fisik kendaraan, terungkap sepeda motor bernomor mesin KC11E-1160059 NOKA MH1KC11148K158297 adalah milik Bernard Nainggolan (30) yang hilang dari dapur rumah kontrakannya di Kumu Baru Desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir sepekan lalu.

“Pada Selasa, kita mendapat informasi dari masyarakat, bahwa sepeda motor Mega Pro yang hilang dibawa pelaku. Saat itu pelaku berada di Padang Lawas. Atas kerja sama dengan Polsek setempat, pelaku dan barang bukti berhasil kita amankan dan dibawa ke Polsek Rambah Hilir untuk proses selanjutnya,” jelas Kepala Polres Rohul AKBP Yudi Kurniawan kepada riauterkinicom di Pasirpangaraian, Rabu (23/1/13).

Di lain tempat, Kepala Polsek Rambah Hilir, Iptu Dasril mengaku sebelumnya tersangka pernah bekerja di salah satu bengkel di Desa Rambah Kecamatan Rambah. Pasca hilangnya Mega Pro milik Bernard dari rumah kontrakannya, pemuda pengangguran itu pun menghilang.

“Diperkirakan, sepeda motor korban dicuri pelaku antara pukul dua sampai lima subuh dari dapur rumahnya. Kita belum mengetahui, apakah dia anggota sindikat spesialis pencurian kendaraan atau tidak,” ungkap Kapolsek Dasril saat ditanya riauterkinicom apakah ada pelaku lain.

Dasril mengindikasi para pelaku pencurian sepeda motor di wilayah hukum Rohul merupakan komplotan spesialis dari Palas Sumut dan rata-rata pelakunya masih berusia remaja yakni 20 tahun kebawah.

Agar hal serupa tidak terulang, Dasril himbau masyarakat tidak memarkir sembarangan kendaraan atau meninggalkan kunci kontak di kendaraan. “Alangkah baiknya gunakan kunci ganda saat meninggalkan kendaraan,” minta Dasril.

Sumber :  http://www.riauterkini.com

Pengerjaan Jalan HR Soebrantas Dumai Disorot Wakil Rakyat



Komisi III DPRD Dumai meninjau pengerjaan Jalan HR Soebrantas. Fakta di lapangan membuktikan pengerjaannya amburadul. 

DUMAI- Pengerjaan Jalan Sobrantas persisnya depan Dinas Pekerjaan Umun dinilai Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) saat melakukan peninjauan sudah tidak benar cara pengerjaannya. Pasalnya kondisi dilapangan sangat amburadul.

Rombongan wakil rakyat yang melakukan peninjauan jalan amburadul tersebut dikomandani secara langsung Wakil Ketua DPRD Dumai Zainal Abidin SH, kemudian Komisis III yang diketuai Agus Purwanto, Andi Firman, Tito Gito, Hasrizal, Jufrida, Robert Situmeang, Sudirman.

Hasrizal, ketika dikonfirmasi dilokasi peninjauan jalam amburadul secara tegas pengerjaan jalan Soebrantas sudah tidak benar lagi. Apalagi kondisinya, kata dia, sudah seperti ini banyak rusak dan kondisinya memprihatinkan. Namun demikian, Komisi III akan meminta data laporan akhir menyoal pengerjaan jalan ini.

"Kami datang langsung melihat proyek ini dan melihat sudah gak ada benarnya lagi. Dengan demikian kita akan segera meminta laporan soal proyek jalan ini dari pihak Dinas PU. Kalau pihak kontraktor sendiri sudah mengakui jika pengerjaannya sudah sesuai aturan," ungkap Anggota Komisi III DPRD Dumai dilokasi.

Ketika disinggung mengenai cara pengerjaan proyek jalan oleh pihak kontraktor, Hasrizal mengaku sangat bonafit mengingat pengakuan kontraktor itu sendiri dalam pengerjaan jalan ini sudah mengalami rugi. Tentunya, dari sisi ini pihaknya melihat cara kerja kontraktor sudah maksimal.

"Menurut saya kontraktor yang mengerjaan jalan ini sangat bonafit. Karena mereka mengaku mengalami kerugian cukup banyak. Kalau sudah begini jadinya kita belum bisa menyalahkan siapa dalam proyek ini. Yang bisa menyalahkan ini bersalah hukum," cetus Hasrizal.

Sementara seluruh anggota Komisi III DPRD yang melakukan peninjauan lokasi proyek amburadul jalan Soebrantas persisinya depan Dinas PU mengaku sangat kecewa. Maka dari itu, untuk selanjutnya pihak Komisi III akan meminta laporan kegiatan awal dari pembangunan jalan ini.

Sumber : http://www.riauterkini.com 

21 Januari 2013

Atasi Rem Blong dan Ban Pecah Saat Perjalanan

Saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil seperti mudik, bisa saja terjadi hal tak terduga pada kita. seperti terjadi rem blong ataupun ban pecah atau ban meledak.

Berikut ini tips safety driving untuk mengatasi hal-hal tersebut, tentunya dapat memberi kita tambahan wawasan jika mengalami hal-hal yang tidak terduga saat mudik ataupun perjalanan jauh dengan menggunakan mobil.

Ban Pecah / Meledak

Pertama, jangan panik!!! Pegang setir lebih kuat, pertahankan arah mobil tetap lurus. Jangan langsung melakukan perlambatan atau mengerem secara mendadak, misalnya membebaskan pedal gas dan langsung menginjak rem. Rasakan dahulu sumber goyangan terbesar berasa dari mana (depan/belakang) untuk mengetahui ban yang pecah.

Jika yang pecah ban depan, langkah yang harus dilakukan harus ekstra hati-hati. Kurangi kecepatan dengan membebasakan pedal gas secara perlahan dan bertahap. Tujuannya, agar perpindahan bobot tidak terjadi secara ekstrem ke depan. Selanjutnya, aktifkan rem parkir secara bertahap untuk membantu mengurangi kecepatan. “Paling tidak bila kecepatan 40 kpj, mobil baru dipinggirkan”.

Bila yang pecah ban belakang, untuk memperlambat laju mobil bisa dilakukan lebih cepat dengan langsung melepas pedal gas dan melakukan pengereman. Jangan lupa memberi tanda sein ketika hendak berpindah jalur.

Rem Blong

Kondisi ini biasanya terjadi karena beberapa hal, antara lain yang kerap terjadi, sirkuit minyak rem rem bocor, angin palsu (sirkuit rem ada udara karena terjadi pemuaian) dan suhu minyak meninggi.

Antisipasi pertama, kocok rem paling tidak 3 kali. Dibantu pula dengan mengaktifkan rem parkir hingga 50 persen. Jika hal tersebut tidak menyebabkan laju berkurang, langkah selanjutnya turunkan gigi ke posisi terendah secara berurutan.

20 Januari 2013

Sekilas Fungsi Dasar Ban Pada Mobil

Ban merupakan bagian penting dan vital pada kendaraan. Ban pada mobil memiliki fungsi dasar selain sebagai bagian dari sistem suspensi dan kontrol arah kendaraan, ban juga berfungsi langsu pada kontrol traksi dan pengereman mobil. Dari fungsi-fungsi dasar tersebut, pengendara mobil atau pemilik mobil tentunya harus memperhatikan dan mengetahui teanan angin ban secara ideal, karena berpengaruh pada keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara serta membuat umur pemakaian ban menjadi lebih lama.

Jika tekanan angin pada ban berlebih dari ukuran yang dianjurkan, dapat menjadikan kontak tapak ban dengan permukaan jalan menjadi tidak rata, sebab hanya bagian tengah dari telapak bannya saja yang menapak permukaan jalan. Kondisi ini akan menyebabkan permukaan ban bagian tengah lebih cepat mengalami keausan dan akan membuat umur ban jadi lebih pendek, tidak stabil pada pengendaraan kecepatan tinggi, jalan basah maupun menikung. Ban juga tidak aman digunakan karena mudah pecah jika terjadi tumbukan dengan benda keras atau lubang jalan dan tentunya berbahaya pada keselamatan.

Sedangkan tekanan angin ban yang berkurang akan membuat kontak tapak ban dengan permukaan jalan tidak merata pada kedua sisi (luar-dalam) telapak ban. Kondisi ini lah yang menyebabkan permukaan ban di sisi luar dan dalam lebih cepat aus, selain itu tidak stabil jika dipakai pada kecepatan tinggi maupun saat menikung. Dampak negatif lainnya juga akan memicu efek aquaplaning lebih besar, ketika mobil menerjang genangan air pada kecepatan tinggi, dan kondisi ini sangat berpotensi menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya.

19 Januari 2013

Tips Perawatan Ban Mobil


Ban, adalah bagian terpenting pada sebuah mobil, berikut ini adalah tips perawatan ban untuk mendapatkan umur maksimal pemakaian ban mobil anda.

1. Tekanan angin

Tekanan angin pada ban harus selalu dijaga, ini merupakan faktor paling utama yang mempengaruhi umur ban. Tekanan angin yang terlalu besar atau terlalu kecil akan membuat ban aus secara tidak merata, terlalu besar maka bagian tapak tengah ban akan lebih cepat habis, terlalu rendah maka bagian pinggir dari ban yang akan lebih cepat habis. Tekanan angin yang ideal pada setiap mobil berbeda-beda, sebagai acuannya biasanya pada semua buku panduan mobil anda pasti tertera ukuran angin yang paling ideal untuk mobil anda. Tetapi pada umumnya ukuran angin yang dipakai berkisar antara 30-35 psi angin biasa.

2. Isi dengan Nitrogen

Tekanan angin nitrogen memiliki sifat yang lebih dingin dan lebih stabil. Perbedaan yang paling signifikan antara nitrogen dan angin biasa disaat mobil harus melakukan perjalanan jauh. Tekanan angin biasa akan meningkat lebih tinggi daripada angin nitrogen, pada akhirnya akan membuat ban lebih awet dikarenakan tekanan angin yang stabil membuat ban tidak kelebihan tekanan disaat perjalanan jauh.

3. Balancing secara berkala

Balancing berguna untuk membuat semua beban pada ban dan velg menjadi seimbang. Efek dari balancing adalah menghilangkan getar pada setir disaat mobil berjalan, dengan hilangnya getaran pada ban mobil maka akan membuat aus pada ban mobil lebih merata.

4. Spooring secara berkala

Spooring berguna untuk mengatur kembali beberapa seting dari kaki-kaki agar kembali pada posisi yang normal / 0.
dengan spooring maka kaki-kaki akan di kembalikan kepada posisi normal sehingga dapat mengurangi gejala aus ban tidak merata, habis luar atau habis dalam.

5. Rotasi ban

Rotasi ban adalah merubah posisi ban secara berkala dan secara teratur, dengan melakukan rotasi ban secara berkala akan membuat ban aus secara merata. Kesehatan kaki-kaki pada ke empat kaki-kaki mobil pasti berbeda-beda, beban yang diterima oleh ke empat kaki-kaki pada mobil pun pasti berbeda-beda, dengan melakukan rotasi maka akan membuat distribusi beban menjadi lebih merata pada ke semua ban sehingga pada akhirnya umur ban akan lebih maksimal.

6. Semir ban

Kegunaan dari semir ban selain membuat ban menjadi mengkilap, juga membantu menjaga kelenturan pada ban. Membuat ban menjadi tetap lentur dan tidak kering.

18 Januari 2013

Tips Mendongkrak Mobil Dengan Aman


Mendongkrak mobil, merupakan hal vital yang sering tidak dapat dilakukan pemilik kendaraan. Apabila salah meletakkan dongkrak, akibatnya komponen mobil bisa rusak dan sangat merepotkan.

Berikut ini tips mendongkrak mobil dan penempatan dongkrak yang benar.  Sebenarnya, di buku panduan setiap mobil sudah ada petunjuk  peletakkan dongkrak yang baik dan benar. Bahkan ada pula tata cara mudah mengganti ban sesuai dengan karakter dan jenis mobil.

Jika buku panduan sudah tak punya (hilang), mungkin informasi di bawah ini bisa membantu, terutama untuk model dongkrak (standar) berbentuk berbentuk ketupat.

Mendongkrak Mobil Jenis Sedan

Posisi dongkrak  sudah disediakan di bagian kolong di bawah pintu depan (untuk ban depan) dan belakang. Di situ tersedia semacam lempengan besi baja yang nongol untuk dimasukkan ke lubang bagian atas dongkrak.

Jangan mendongkrak di bawah arm karena komponen tersebut. Karena, selain bahannya tidak kuat, ban tidak terangkat hanya sokbreker saja yang mendapat tekanan.

Mendongkrak Mobil Jenis MPV dan SUV

Jenis MPV yang menggunakan kerangka sasis bisa dijadikan titik tumpuan untuk mendongkrak. Posisinya sama seperti di sedan, untuk roda depan di bawah kolong pintu depan dan roda belakang di kolong bawah pintu belakang. Kalau MPV bersasis monokok, posisi dongkrak sama seperti di sedan.

Selain di posisi tersebut, untuk MPV maupun SUV, arm depan di bagian dalam yang menempel sasis bisa digunakan sebagai tempat yang pas. Selain lebih kuat juga bisa mengangkat ban dengan baik.


Jangan lupa, sebelum mendongkrak pastikan rem parkir sudah aktif atau bisa dengan mengganjal ban dengan batu atau balok pada ban yang tidak didongkrak. Jika melakukannya di pinggir jalan pasang pula segitiga pengaman beberapa meter dari lokasi mobil sebagai penanda pengguna jalan lain.

17 Januari 2013

Dishub Tindak Tegas Perusak Jalan

Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Perhubungan berkomitmen memperketat pengawasan di jembatan timbang.

Ini dilakukan untuk mengantisipasi kendaraan bermuatan lebih yang dapat merusak akses transportasi. 

Bahkan Dishub menindak tegas beberapa kendaraan yang terbukti bermuatan lebih dan merusak jalan.

Hal itu diungkapkan Kepala UPT Timbangan Kendaraan Bermotor Dishub Riau, Alexander SH didampingi Kasubag Tata Usaha Timbangan Kendaraan Bermotor Dishub Riau Drs Doni Firmansyah MT kepada Riau Pos, Selasa (8/1) di kantornya. Menurutnya pengawasan diperlukan untuk menindak perlakuan beberapa oknum yang menyalahi aturan dan perundang-undangan.

‘’Kemarin (Senin, red) kita melakukan operasi penertiban di Jembatan Timbang Terantang Manuk, Kabupaten Pelalawan. Ini dilakukan untuk melihat tingkat kepatuhan pengguna akses transportasi di kawasan tersebut,’’ tuturnya.

Alexander menambahkan, langkah itu juga dilakukan untuk mencegah percepatan kerusakan jalan di jalan nasional lintas timur. Sebanyak 18 personel yang diturunkan saat penertiban itu membuahkan hasil positif.

Di mana, tingkat pelanggaran dari sisi tonase muatan lebih masih ditemukan. Dari razia tersebut, tambah Alexander, terjaring sebanyak 16 STNK, 24 Kir dan 5 SIM. Totalnya mencapai 45 surat kendaraan yang ditindak. Sementara itu, beberapa kendaraan angkutan kayu diturunkan karena membawa muatan secara berlebih.

‘’Yang kita temukan di lapangan langsung kita tindak sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Kita tidak akan mentolerir adanya penyalahgunaan,’’ imbuhnya.

Hanya saja, dia mengakui masih menemukan beberapa kendala di lapangan. Seperti sulitnya melakukan pembongkaran dikarenakan alat pembongkaran dan sarana pendukung yang kurang memadai.

Kendati demikian, Dishub tetap berupaya mengoptimalkan kinerja penertiban di jembatan timbang. Ini dilakukan untuk memberikan efek jera pada oknum-oknum yang tidak mematuhi mekanisme yang telah ditetapkan.

Alexander menambahkan, bahwa Dishub sebelumnya juga pernah melakukan kerja sama dengan biro hukum, kejaksaan, kepolisian dan Satpol PP untuk menegakkan Perda No 5 tahun 2007 tentang Pengendalian dan Pengawasan Muatan Lebih yang dilaksanakan di Jembatan Timbang Rantau Berangin. Komitmen itu akan dilakukan secara berkelanjutan dengan tidak menerima negosiasi atas penyelahgunaan beban angkutan kendaraan.

Lebih jauh saat ditanyakan hasil evaluasi untuk penindakan di jembatan timbang, dia menegaskan bahwa aksi penindakan memperlihatkan trend peningkatan.

Konsep Mitsubishi Lancer XI Diperkenalkan di AIMS 2012

Mitsubishi memperkenalkan mobil konseo Mitsubishi Lancer Evolution XI pada pameran otomotif di Australian International Motor Show (AIMS) 2012 di Sidney, Ausralia.

”Kami ingin mengembangkan mobil listrik sampai pada batgas akhir. Kami sudah mempunyai banyak informasi tentang ini (teknologi mobil listrik). Tahap selanjutnya adalah balapan (PPIHC) dan mengalahkan mobil berbahanbakar fosil,” terang Osamu Masuko, Presiden Mitsubishi Motor Corporation (MMC), yang secara langsung memperkenalkan legenda WRC itu saat membuka booth Mitsubishi di Australian International Motor Show yang berlangsung dari19 sampai 28 Oktober. Dikatakannya, sukses i-MiEV di PPIHC membuat Mitsubishi menjadi yakin, bisa menciptakan mobil sport listrik.

Lancer merupaan mobil sport legenda Mitsubishi yang akan terus dikembangkan dan diperbaharui, dimana dengan spirit Evolution yang selalu berevolusi menjadi lebih baik. Mitsubishi Lancer Evolution XI direncanakan akan hadir dalam berbagai jenis varian termasuk varian dengan mesin listrik / elekrik.

Tips Merawat dan Membersihkan Kaca Film Pada Mobil

Sebagian besar mobil yang beredar dipastikan memakai kaca film. Selain dapat meningkatkan penampilan mobil, kaca film juga dapat memberi privasi dan menjaga kabin dari sinar matahari. Namun, jika kaca film suda jelak akibat tergores, terkelupas ataupun memudar akan memperburuk tampilan mobil, selain sudah tidak berfungsi lagi. Pasalnya kaca film terbuat dari beberapa lapisan, yang bagian terluarnya dapat tergores oleh kain pembersih atau rusak akibat zat amonia.

Jika melakukan perawatan yang salah pada kaca film, justru dapat merusak lapisan perekat dan menyebabkan kaca film mengelupas atau retak. “Perawatan yang teliti dan tepat akan membuat umur kaca film lebih panjang, selain itu bisa membuat tampilannya lebih cerah dan bersih,” jelas Christopher Sebastian, President Director PT Makko Raya Cemerlang (MRC), pemegang merek kaca film Masterpiece dan O2 di Indonesia.

Menurut Christoper, perawatan kaca film memiliki beberapa tips agar kaca film lebih awet dan tahan lama.Berikut ini tips langkah-langkah merawat kaca film.
1. Jangan menggunakan cairan kimia atau pembersih yang mengandung asam, alkohol atau cuka karena dapat merusak permukaan kaca film dan menyebabkan kaca film kehilangan fungsinya sebagai penolak panas untuk melindungi kabin. 
2. Cukup gunakan air biasa dalam membersihkan, sebaiknya air suling atau air mineral untuk minum, karena sudah tidak mengandung unsur logam dan asam. Kemudian campur dengan sedikit shampo bayi, masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke permukaan kaca film.
3. Mengeringkan kaca film menggunakan kain halus seperti lap mikrofiber atau kanebo, sebaiknya lap yang digunakan untuk membersihkan kaca film terpisah dengan lap untuk exterior mobil. Supaya tak mengandung pasir atau kotoran kasar lainnya yang dapat merusak lapisan kaca film.
4. Sebaiknya lakukan pembersihan kaca film saat kondisi permukaan kaca dingin, atau tidak terkena sinar matahari langsung. Sebab jika kondisi kaca panas, akan membuat lapisan kaca film lebih mudah tergerus jika dibersihkan.

16 Januari 2013

Perawatan Pintu Geser Pada Mobil


Mobil yang memiliki pintu geser memang sangat praktis, kita dapat dengan mudah membuka pintu walau di tempat yang sempit sekalipun. Perawatan pintu geser cukup sederhana, namun bukan berarti boleh disepelekan.

Salah satu alasan manufaktur memilih pintu geser (sliding door) untuk MPV yang mereka buat adalah kemudahan akses kabin. Mekanisme pintunya sendiri, bisa secara elektrik atau pun manual. Pintu memiliki rangkaian komponen yang tidak serumit mesin. Namun, seiring pemakaian dan umur, peranti ini juga perlu perawatan.
“Yang terpenting adalah menjaga kebersihan rel dan bearing. Dari beberapa keluhan yang kami terima, penyebab utamanya berasal dari macetnya pintu karena kondisi yang kurang bersih, sehingga berkarat,” jelas Ismail Nugroho, Kepala Bengkel Hyundai Mobil, di Jl. Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan. “Pada dasarnya, pintu dirancang untuk low maintenance. Maka dari itu, perawatannya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri.”
Untuk itu, bagi Anda yang memiliki mobil berpintu geser sebagai contoh pada Mobil Hyundai H-1, akan tetapi bisa di aplikasikan ke mobil jenis lain yang menggunakan pintu geser seperti Honda Freed, Toyota Alphard, Nissan Serena dan lainnya. Panduan berikut bisa menjaga kondisi pintu geser tetap prima. Sediakan juga cairan pembersih, gemuk, dan kain lap.

1. Perhatikan kondisi rel. Gunakan lap bersih yang telah disemprot cairan pembersih (pelumas semprot) untuk menghilangkan kotoran dan sisa pelumas.

2. Setelah rel dibersihkan, olesi rel dengan gemuk (pelumas pasta) yang mengandung parafin (hindari gemuk yang mengandung oli-karena justru akan memudahkan debu menempel).

3. Maju mundurkan pintu beberapa saat. Bila pintu terdengar gaduh, maka bearing kurang pelumasan.

4. Bersihkan pula bearing yang kontak dengan rel.

5. Mekanisme pintu geser dirancang agar mudah tertutup sesaat setelah handle dioperasikan. Jadi, tak perlu banyak tenaga untuk menggerakkannya. Jika terlalu sering dibanting, mekanisme pengait bisa berumur pendek.

15 Januari 2013

All-New Jupiter Z1, Dengan Teknologi Injeksi


Yamaha kembali melakukan inovasi terbaru untuk motor bebek andalannya dengan teknologi Fuel Injection (FI). Hadirlah All-New Jupiter Z1, motor bebek dengan karakter yang gesit dan lincah, plus penambahan mesin baru dan teknologi Fuel Injection. Jadilah sepeda motor bebek injeksi kencang dan irit, Jupiter Z1.

“Sesuai tagline-nya, ‘Yang lain semakin ketinggalan’ dan key message ‘mesin baru’, ‘fuel injection’, performa semakin dahsyat,” ujar Indra Dwi Sunda, PR Corporate and Communication Head Yamaha Indonesia saat peluncuran All New Jupiter Z1, di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/7).

Jupiter Z1, mengadopsi teknologi YZ Crankshaft Technology yang juga di aplikasikan pada motor trail Yamaha YZ450F, dimana teknologi ini dapat meningkatkan akselerasi dan torsi motor. Dan penambahan fitur Low Friction Technology yang memperkecil hambatan tenaga akibat gesekan, sehingga tenaga mesin mendai optimal.

Mesin baru All New Jupiter Z1 juga didukung teknologi FI yang membentuk high performance, karena akselerasi yang lebih responsif dan pastinya makin canggih buat balapan. Kecanggihan teknologi F1 semakin menyempurnakan All New Jupiter Z1 yang dikenal dengan karakternya yang gesit dan cepat.

Perpindahan gigi dan suara mesin lebih halus. Suara knalpot, yang lebih bertenaga membuat pengendara lebih gagah saat menungganginya. Feel seperti itu yang disebut Yamaha premium riding feeling. Keunggulan All New Jupiter Z1 lainnya yaitu perawatan lebih mudah.

Yamaha merilis motor bebek terbarunya ini dengan warna dasar putih yang dipadukan dengan grafis gold metal yang berbentuk naga yang tengah mencakar. Grafis striping Yamaha Z1 ini menganalogikan naga robot yang dihidupkan dengan teknologi FI yang canggih, Grafis ini disematkan pada masing-masing cover side dan leg shield.

Untuk harga Yamaha Z1 terbaru ini, Yamaha belum memberi informasi pasti, tetapi perkiraan range harga motor bebek ini antara Rp 14-15 Jutaan. Harga yang cukup kompetitif untuk sebuah motor bebek keren dengan teknologi dan fitur yang canggih. Tertarik?




14 Januari 2013

Teknologi Yamaha Mio J, Motor Matic Injeksi Irit


Yamaha Mio J, sebagai motor matic injeksi irit harga murah, hadir dengan teknologi injeksi YMHET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection) yang sangat mengagumkan. 

Pada throttle bodinya, YMJET-FI dirancang memiliki dua katup butterfly. Upstream throttle body atau katup primer terletak di moncong throttle body yang dekat dengan filter udara, sedang downstream throttle body atau katup sekunder mengarah langsung ke intake manifold atau pada YMJET-FI disebut dengan main air passage.

Kedua katup ini mulai bekerja ketika selongsong gas dibuka. Saat throttle terbuka kurang dari 10 persen maka hanya katup primer yang terbuka. Aliran udara yang masuk ke ruang bakar lewat selang air assist passage tanpa lewat intake manifold. Kondisi ini bertahan sampai putaran mesin 4.000 sampai 5.000 rpm.

Makin dalam putaran gas dibuka, maka katup sekunder akan mulai terbuka. Dalam kondisi ini aliran udara mulai masuk lewat intake manifold. Sedang kerja selang air assist passage secara perlahan benar-benar berhenti setelah selongsong gas dibuka penuh.



Pada putaran rendah, aliran udara sengaja dipaksa melewati selang air assist passage. Tentunya untuk mendapatkan asupan udara yang efisien. Tidak kebanyakan tapi memiliki tekanan yang lebih besar. Apalagi selang air assist passage juga mampu memberikan efek turbulensi dan didukung dengan fuel pump baru dengan tekanan lebih tinggi, mencapai 324 Kpa. Akhirnya kabut bahan bakar jadi lebih halus, pembakaran makin sempurna. Torsi jadi mantab tapi efisiensi bahan bakar didapat.

Yamaha Mio J sebagai motor matic injeksi yang irit, memiliki efisiensi pada putaran rendah, sesuai cara berkendara normal sehari-hari, yaitu pada kecepatan 20 sampai 55 km/jam. Seperti halnya motor bebek injeksi kencang dan irit Jupiter Z1, yang baru saja diluncurkan.

13 Januari 2013

Bupati Siak Buka Kejuaraan Motor Cross Rawang Kao Cup IV

BERITA RIAU(PEKANBARU), Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si membuka kejuaraan Motor Cross Rawang Kao Cup IV di desa Rawang Kao kecamatan Lubuk Dalam, Sabtu (12/1/2013).

Kejuaraan motor cross ini sudah sering kita galakkan, seperti pada tahun lalu kita adakan di depan gedung DPRD free style dan arena cross yang berdekatan dengan kantor bupati tersebut akan kita persiapkan untuk even di tingkat nasional tinggal menambah panjang sirkuitnya saja, apalagi Siak sebagai kota wisata yang nantinya akan menambah jumlah wisatawan yang datang ke Siak,  kata Bupati.

Pada tahun ini akan digelar kejuaraan road race di depan kantor DPRD, oleh karena itu saya berharap para pemuda yang gemar bermain motor agar menyalurkan bakatnya dan tidak kebut-kebutan di jalan raya yang dapat mencelakakan dirinya ataupun orang lain, tambah Bupati.

Bupati berpesan kepada para krosser agar bertanding dengan semangat sportifitas olahraga, memegang teguh sikap fair play. “Bertanding dengan rasa persahabatan dan persaudaraan sehingga dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan,” katanya.

Kejuaraan yang dilaksanakan di sirkuit Buatan Desa Rawang Kao ini di prakarsai oleh DPC Golkar kecamatan Lubuk Dalam.

Hadir pada kesempatan tersebut Camat Lubuk Dalam Mursal dan mantan Camat Lubuk Dalam Agustian serta Kabag Humas Zulkifli serta tokoh masyarakat Desa Rawang Kao. Usai membuka kejuaraan motor cross tersebut Bupati dan rombongan meninjau pasar tradisional yang telah dibangun oleh pemerintah daerah beberapa waktu yang lalu.

Sumber : www.situsriau.com

Tips Membeli Mobil Bekas

Mungkin Anda kenal istilah kredit mobil. Begitu juga dengan motor. Di tengah produk otomotif yang mulai merangkak naik, tak ada salahnya kita melirik motor bekas.
Walaupun sekarang ada cara kredit motor dengan melakukan cicilan sepeda motor. Tapi sebelum membeli, anda perlu jeli dan memperhatikan betul kondisi motornya. Jangan sampai kecewa di kemudian hari. Berikut tips membeli motor bekas.
1. Cek harga pasaran.
Sebelum anda melakukan pencarian motor bekas yang akan anda beli, sebaiknya lakukan cek harga pasaran terlebih dahulu. Bisa dari koran, majalah, situs tertentu, dll. Terlepas apakah membeli tunai atau melakukan cicilan motor (kredit motor).
2. Cek nomor rangka/mesin.
Periksa nomor rangka dan mesin motor, lalu sesuaikan dengan nomor rangka serta nomor mesin yang tertera pada STNK maupun BPKB.
3. Cek kondisi fisik.
Periksa kondisi body, spion, baut, dan lain sebagainya, apakah terlihat banyak goresan, kondisi retak ataupun pecah. Usahakan juga akan lebih baik jika semua yang menempel pada motor adalah parts orisinil. Walaupun melakukan cicilan sepeda motor Anda tetap punya hak untuk mengecek kondisi fisik.
4. Cek kondisi oli.
Usahakan buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran Oli tidak berlebihan, karena Oli yg berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik.
5. Cek speedometer.
Pastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat jumlah berapa km yang telah ditempuh oleh motor tersebut. Jika diatas 20.000 km maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera anda diganti. Tentunya akan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.
Satu hal yang perlu di ingant, jangan pernah mudah percaya gombalan dari penjual jika mengatakan motor yang di tawarkan jarang di pakai sebelumnya. Umumnya, penjual menguatkan ucapanya dengan menunjuk angka pada speedometer yang masih sedikit. Cara untuk mengetahui seberapa jauh motor telah di pakai adalah dengan mengamati dan memastikan tidak ada bekas pembongkaran pada speedometer.
6. Hidupkan mesin motor.
Coba hidupkan mesin motor tersebut, apakah bisa stationer atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm. Serta pastikan juga bahwa tidak ada bunyi-bunyian yang kasar di dalam mesin. Jangan mentang-mentang motor murah, Anda sepela tentang masalah ini.
7. Cek perpindahan gigi.
Jalankan kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis. Satu lagi yang perlu diperhatikan juga adalah, jika terdengar suara mendesir pada saat motor berjalan. Kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.
8. Cek rangka atau sasis motor.
Perhatikan kelurusan roda depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak ada kebengkokkan. Jalankan sekitar 40km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk pastikan motor tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir. Jangan asal memilih motor murah, sedangkan yang lainnya terlupakan.
9. Cek kebocoran.
Usahakan anda dapat mencoba jalankan motor lebih lama, dan setelah motor dijalankan kurang lebih sekitar 500meter. Perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Atau adanya air radiator bocor bagi motor yang menggunakan radiator.
10. Cek kondisi kelistrikan.
Periksa juga kelistrikan dan lampu-lampu seperti lampu depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau elektrik stater motor. Apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki tidak ada permasalahan. Kalau Anda melakukan cicilan motor, jangan sekedar memilih kredit murah atau cicilan murah. Perhatikan semua aspek.
11. Cek kondisi roda.

Lakukan pengecekan terhadap kondisi Roda. Bagaimana kelurusan antara roda depan dengan roda belakang, hal ini untuk meyakinkan bahwa chasis atau rangka tidak membengkok,motor yang mengalami jatuh atau benturan keras bisa menyebabkan kebengkokan pada chasis.

12. Kalau bisa cobalah test drive.

Mintalah kepada si penjual agar anda bisa mencoba mengendarai motor tersebut. Anda tentu akan bisa merasakan apakah motor tersebut ada kelainan atau tidak pada handling atau pada akselerasinya, dll.

Jangan lupa sesuaikan harga jual motor bekas yang ditawarkan oleh penjual dengan kondisi motor yang akan dijual tersebut. Karena setiap motor ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.

12 Januari 2013

Tips Membeli Motor Bekas

Langkah pertama dalam proses membeli mobil bekas adalah menilai secara detail kebutuhan transportasi Anda.
1. Tentukan jenis mobil yang akan dibeli berdasarkan penggunaannya. Misalkan, bila digunakan untuk menjemput anak sekolah, pilih mobil yang menawarkan ruang lega. Atau untuk keperluan transportasi kerja, pilih yang nyaman dan irit bahan bakar. Gaya hidup Anda juga berperan menentukan jenis mobil yang akan dibeli.
2. Tentukan fitur-fitur yang harus ada, seperti AC, aneka macam power, CD charger dll. Tulis semua dalam list. Termasuk pula fitur-fitur safety seperti rem ABS, airbag, child door lock, dll.
3. Hitung berapa besar kemampuan finansial untuk membeli mobil, termasuk uang muka dan pembayaran bulanan bila kredit.
4. Bila Anda sudah menentukan sejumlah tipe/model dan merek, analisa kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa mendapatkan informasi dari teman yang pernah menggunakan mobil yang diincar. Bisa juga dari situs-situs otomotif dan klub-klub otomotif yang ada. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari masing-masing merek itu termasuk resale value, performa, layanan perbaikan dan harga/ketersediaan komponennya. Dari sana Anda bisa menentukan mobil mana yang benar-benar sesuai. 
Jika sudah memutuskan mobil mana yang akan dibeli, inilah rambu-rambunya : 
1. Sebesar apapun keinginan, kepala harus tetap dingin. Tinggalkan penjual bila harga yang ditawarkan terlalu tinggi, meskipun mobil impian Anda sudah menunggu. Kemampuan negoisasi Anda akan terasah dengan berjalannya waktu.

2. Pastikan Anda tahu harga pasaran mobil yang diincar, dan mulailah menawar dibawah harga itu. Lebih mudah menaikkan tawaran Anda daripada menurunkannya. Informasi harga juga bisa didapat dari situs-situs otomotif.  
3. Harus di ingat, membeli mobil bekas bisa juga membeli problem orang lain. Pastikan Anda mengetahui sejarah mobil ini termasuk perawatannya. Hal ini bisa diketahui dari kartu perawatan mobil. Gali informasi sedetail mungkin termasuk apakah pernah tenggelam, kecelakaan, turun mesin dll. Sebelum memutuskan untuk membelinya, mintalah mekanik ahli untuk memeriksanya. 
4. Test drive itu penting. Usahakan Anda mendapat kesempatan melakukan test drive sejauh mungkin dengan aneka variasi jalan. Bisa juga mencoba ke daerah dimana mobil itu akan sering digunakan.  
5. Buka tutup mesin dan perhatikan apakah ada pipa yang bocor, belt yang aus, oli yang berceceran. Duduklah di kursi pengemudi, dan periksa apakah seluruh indikator bekerja baik, demikian pula lampu indikator. Periksa juga tanda-tanda kerusakan karena air (lihat tip cegah bencana susulan).
6. Periksa sistem safety, mulai dari seat belt, head restrain, struktur atap, child seat anchor. Demikian pula jarak pandang dan daya pancar lampu utama. Hal itu bisa dilakukan saat test drive. Cobalah untuk mengendarai mobil pada kecepatan 60 – 80 km/jam dan rasakan apakah pergantian gigi bisa lembut, kemudi selalu lurus, ketika direm tetap stabil, dan ketika menikung juga smooth.  
7. Hati-hati dengan pemalsuan odometer. Hal ini sering dilakukan penjual nakal yang ingin meningkatkan value mobil yang dijualnya. Jadi jangan tertipu dengan angka-angka yang tertera di odometer.  
8. Sekarang tiba waktunya untuk menyiapkan pembayaran mobil baru Anda. Bila memilih melakukan kredit, yang paling aman adalah menentukan dulu berapa besar kemampuan keuangan untuk membayar angsuran bulanan. Cara yang gampang, angsuran tidak boleh lebih dari 20% penghasilan per bulan setelah dipotong pengeluaran. Perhitungkan juga biaya perawatan, pajak, asuransi dan operasional.
Bayarlah uang muka setidaknya 10% dari harga mobil. Kurang dari itu, penyedia kredit akan meragukan kemampuan finansial Anda. Jadi kalau Anda punya uang cash, lebih baik pakai untuk uang muka. Langkah ini juga akan mengurangi beban utang pokok yang berkaitan dengan angsuran bulanan.

11 Januari 2013

Replika Lamborghini Reventon Dari Mobil Bekas


Ingin memiliki supercar Lamborghini Reventon yang hanya tersedia 21 unit didunia, membuat seorang anak petani di Cina, Wang Jian (28) membuat replika mobil Lamborghini Reventon idamannya dengan biaya sekitar Rp. 90 jutaan.

Walaupun berasal dari keluarga petani, Wang memilih menjadi mekanik ketika berusia 16 tahun. Hal ini dikarenakan kecintaanya terhadap mobil, terutama mobil sport seperti Lamborghini Reventon.

Berbeda dengan Replika Lamborghini yang dibuat dari Mitsubishi Eclipse. Replika Lamborghini Reventon buatan Wang, dibuat dari besi tua dan mobil bekas Nissan dan Volkswagen Santana. Hasilnya, mobil replika buatan Wang mirip dengan yang asli, walaupun masih kasar dan minus kaca serta lampu. Mobil replika buatan Wang mampu di pacu hingga kecepatan 257,5 km/jam.

 “Saya menyukai mobil sport sejak kecil. Setelah dewasa, saya pikir membuatnya sendiri dengan apa yang ada di sekitar dan pengetahuan yang ada,” tutur Wang. “Saya merakitnya dan mewujudkan impian saya,” tambahnya.


 

Mobil Esemka Rajawali dan Bima Sudah Layak Jalan


Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya Lementrian Perhubungan, melalui irektorat Jenderal Perhubungan Darat telah menerbitkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor untuk dua tipe Mobil Esemka, yakni tipe Rajawali (4×2) MT untuk jenis mobil penumpang dan Tipe Bima (4×2) MT untuk jenis mobil pick up (barang).

“Sertifikatnya sudah terbit. Itu artinya dua kendaraan itu sudah laik jalan. Nantinya sertifikat itu akan dijadikan sebagai dasar acuan untuk penertiban BPKB dan STNK,” tutur Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bambang S Ervan, Jumat (19/10/2012).

Untuk Mobil Esemka tipe Bima telah dikeluarkan Sertifikat no. SK. 3896/AJ.402/DRJD/2012 dan untuk Esemka tipe Rajawali telah dikeluarkan sertifikat no. SK 3897/AJ.402/DRDJ/2012.

Setelah melalui tahapantahapan dan proses uji kelaikan jalan dan uji emisi, kini produksi masal mobil Esemka tersebut tinggal menunggu keluarnya ersyaratan administrasi dari Kemenhub. Selanjutnya, untuk perizinan produksi massal, Esemka akan menunggu izin dari Kementerian Perindustrian.

Untuk harga mobil Esemka, dipastikan banderol Esemka jauh lebih murah dibanding mobil luar negeri yang ada di pasaran.

Untuk Rajawali jenis sport utility vehicle (SUV), PT SMK mematok harga Rp95 juta per unit. Sementara Bima yang berjenis minitruk dibanderol Rp65 juta hingga Rp70 juta per unit. Kedua mobil tersebut berkapasitas 1.500 cc.

”Semahal-mahalnya Esemka pun duitnya masuk ke dalam negeri. Semurah-murahnya beli mobil Jepang uangnya ya bakal masuk ke Jepang. Kalau memang nasionalis ya ganti mobil Jepang dengan Esemka,” .

Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park (STP), Gampang Sarwono, menyebut sebelum diproduksi massal, pihaknya akan melakukan sejumlah penyempurnaan terlebih dulu. ”Akan ada sedikit perbaikan interior dan kapasitas mesin,” ungkapnya.

10 Januari 2013

Tips Modifikasi Knalpot Custom, Naikkan Tenaga Sampai 2 PS

Anda kurang puas dengan suara yang dihasilkan atau bahkan performa yang dihasilkan knalpot sepeda motor anda standar ?? jangan khawatir anda bisa menggantinya dengan versi terbaru yaitu custom. Ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan ada beberapa tahapan dan teori yang harus dipelajari dulu, agar performa dan estetikanya tetap terjaga. Berikut tips pemasangannya :

Paling mudah dan simple, yaitu menyesuaikan besaran kapasitas (CC) mesin dengan diameter lubang knalpot custom. Example: bebek 100 cc, diameter knalpot tidak boleh lebih dari 1,25 inci. Dan untuk jenis sport 150 cc maksimal itu 1,5 inci. Jika berkapasitas 250 cc, diameter lubangnya cocok 2 inci. Mengapa diameter lubang sangat diperhatikan ? supaya suara dan performa motor anda lebih bagus.

Tidak hanya diameter lubang yang diperhatikan, saringan knalpot juga sangat menentukan suara dan performa motor. Jika terdapat benjolan nafas akan lebih panjang (torsi kecil, nafas panjang). Sebenarnya jika saringan yang polos sesuai dengan diameter lubang, motor akan memiliki tenaga yang besar tetapi akan menghasilkan nafas yang pendek.

Suara yang dihasilkan bergantung pada bahan dan ketebalan glasswool. Semakin padat dan bahannya berkualitas, suara akan semakin bulat dan berisik. Tetapi suara yang tarlalu bising akan mengganggu orang lain dan akan ditindak tegas. Batas kebisingannya 80-175 cc adalah 83 Db, sedangkan motor diatas 175 cc adalah 80 Db.


Jika anda terlalu khawatir menimbulkan dampak yang tidak bagus pada mesin, anda bisa memainkan pilot jet, spuyer, atau stelan lainnya di bagian karburator. Tetapi pada umumnya, stelan ini jarang bahkan tidak pernah digunakan karena efek negatif yang dihasilkan dari knalpot custom tidak begitu signifikan untuk mesin.

Perhatikan juga panjangnya leher angsa. Ada hitungan khusus dengan spesifikasi mesin. Jika terlalu panjang, mesin akan cepat panas. Jika kependekan, tenaganya jadi berkurang.

Dengan perhitungan yang benar dan pas, knalpot custom biasanya mampu mendongkrak tenaga 1 PS, dan bisa didapat pada RPM lebih rendah. Yang artinya akselerasi bertambah, tanpa harus di stel ulang karburatornya. Kalau disertakan sedikit stelan, tenaga bisa naik dua kali lipat. Tetap jika ditambahkan porting cylinder head dan memainkan noken as, akan lebih banyak tenaga yang menyembur keluar. Demikianlah beberapa tips pemasangan knalpot custom, selamat mencoba.

09 Januari 2013

Adu Keren Ratusan Motor Modif Honda


PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar kontes modifikasi sepeda motor Honda Otocontest (HOCS) 2012 yang keempat kalinya.

Setelah melalui seleksi, kontes yang awalnya diikuti 1.600 motor modifikasi terpilih menjadi 124 motor modifikasi di tahap final battle.
Kontes modifikasi yang berlangsung sejak 2009, pada tahun ini diadakan di 14 kota besar di Indonesia, yaitu Kupang, Ponorogo, Kediri, Jember, Banjarmasin, Jogja, Malang, Manado, Palembang, Surabaya, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Bali. Sebelumnya, HOCS sendiri hanya diadakan di 10 kota besar.

General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM, Agustinus Indraputra mengatakan even tahunan ini diharapkan dapat memotivasi generasi muda dalam berkreasi, khususnya para modifikator berbakat di Indonesia.

"Beberapa model sepeda motor Honda yang identik dengan anak muda sangat mudah dimodifikasi, sehingga memberi ruang berkreasi bagi pemiliknya," kata Indraputra, di GOR Ngurah Rai Bali, Minggu 9 Desember 2012.

Adapun even modifikasi tahunan kali ini dibagi dalam 12 kelas, yaitu Aksesoris, pemula, matic pemula, street racer modify, body asrt sticker, custom modify, sport custom, racing style, matic fungky, cub fungky, sport fungky, dan Xtreme.

"Pemenang HOCS tahun ini akan diajak ke Bangkok, Thailand untuk bertarung dengan melawan modifikator negara lain pada ajang Bangkok International Motorshow 2013. Tahun lalu  mereka (pemenang HOCS) menang kompetisi berskala International," kata Indraputra. Kontes modifikasi motor Honda, secara tidak langsung menjadi salah satu barometer perkembangan tren modifikasi motor saat ini.

Modifikasi Ninja N650F Berlapis Krom WitjaxModizigner


WitjaxModizigner (WM), rumah modifikasi yang berlokasi di Tangerang dan di gawangi oleh Agus Wicaksono alias Witjax mendandani dan memodifikasi Ninja N650F milik Primen menjadi lebih menarik dan menggoda.

Modifikasi Ninja650F ini mengusung temaa “Futuristic & Modern Classic Bike”. Hasilnya, tampilan Ninja 650 milik Primen pun terdongkrak menjadi semakin keren dengan paduan warna emas, hijau dan biru berlapis krom. Tak hanya dilapisi krom, modifikasi motor Ninja 659 futuristik ini mendapat senuhan cutting sticker flower vector yang merupakan salah satu spesialisasi dari WitjaxModizigner (WM).


Menurut Witjax, modifikasi Ninja 659 ini merupakan pertama di dunia yang mengusung konsep modifikasi dengan chrome body spray system pada body plastic N650. Pemilihan parts aksesoris juga ditambahkan sebagai pemanis tampilan, yang menguatkan kesan mewah dan eksklusif pada motor. Misalnya lampu bawaan pabrik yang diganti dengan projector HD model Angeleyes. WitjaxModiziger (WM)memberikan sentuhan khas pada desain spion fiber dan windshield custom handmade.

Beberapa produk aksesoris melekat pada motor modifikasi Ninja 650 ini seperti tutup shock, setang, jalur setang as roda depan dan belakang lansiran Bikers. Sementara single seat, undertail dan tempat plat nomor belakang menggunakan produk Ermax. Tampilan kaki-kaki kian matching dengan bodi berkat velg yang dilapisi cat oranye anodize.

WitjaxModizigner
Jln. cipondoh komp.TU no9. TANGERANG
(samping RS USADA INSANI), Kota Tangerang
witjax.modizigner.shop@gmail.com

Hyundai i20, Andalan Hyundai di WRC


Setelah bertahun-tahun lamanya, akhirnya pada ajang Paris Motor Show 2012 Hyundai mengumumkan untuk kembali mengikuti ajang World Rally Championship (WRC).

Di ajang pameran Paris Motor Show 2012, Hyundai memamerkan mobil balap yang akan diikut sertakan dalam ajang WRC, yaitu Hyundai i20 WRC, dimana pada ajang WRC akan bersaing dengan mobil sekelas seperti Ford Fiesta, Citroen DS3, VW Polo dan Mini Countryman.

Hyundai i20 seri WRC ini terlihat sangat keren dengan perpaduan warna eksterior putih dan biru, serta body kit aero dinamis diseluruh bagiannya. Tentu saja, tampilan i20 edisi WRC ini dapat dijadikan untuk inspirasi modifikasi Hyundai i20 hatchback ataupun mobil lainnya.

Untuk detail sepesifikasi I20 Seri WRC ini, Hyundai masih belum memberi keterangan lebih lanjut, selain itu pada regulasi FIA WRC, disebutkan bahwa mobil yang diikut sertakan harus mobil seri produksi dengan persyaratan tambahan seperti mesin 1.6-liter, penggerak roda all-wheel drive, dan body kit aerodinamis.

08 Januari 2013

Modifikasi Ducati S2-Braida Concept Fighter Paolo Tesio


Sebagai pabrikan motor kelas dunia, Ducati selalu menghadirkan motor-motor terbaru dengan desain dan kecanggihan teknologi terkini. Itulah salah satu hal yang membuat Ducati memiliki penggemar yang fanatis. Seperti Paolo Tesio, seorang desainer asal Itali yang menggemari motor Ducati, menciptaan sebuah sepeda motor masa depan yang dibuat dari Ducati S2 Braida.

Selain bekerja sebagai desainer, Paolo sendiri merupakan biker dan modifikator sepeda motor. Hasil modifikasi Ducai S2 Braida karyanya tidak mengurangi fungsi, ergonomi dan kenyamanan sebah sepeda motor. Hasilnya, sebuah motor masa depan yang berkarakter agresif dan gagah.