Anda kurang puas dengan suara yang
dihasilkan atau bahkan performa yang dihasilkan knalpot sepeda motor
anda standar ?? jangan khawatir anda bisa menggantinya dengan versi
terbaru yaitu custom. Ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan ada
beberapa tahapan dan teori yang harus dipelajari dulu, agar performa dan
estetikanya tetap terjaga. Berikut tips pemasangannya :
Paling
mudah dan simple, yaitu menyesuaikan besaran kapasitas (CC) mesin
dengan diameter lubang knalpot custom. Example: bebek 100 cc, diameter
knalpot tidak boleh lebih dari 1,25 inci. Dan untuk jenis sport 150 cc
maksimal itu 1,5 inci. Jika berkapasitas 250 cc, diameter lubangnya
cocok 2 inci. Mengapa diameter lubang sangat diperhatikan ? supaya suara
dan performa motor anda lebih bagus.
Tidak
hanya diameter lubang yang diperhatikan, saringan knalpot juga sangat
menentukan suara dan performa motor. Jika terdapat benjolan nafas akan
lebih panjang (torsi kecil, nafas panjang). Sebenarnya jika saringan
yang polos sesuai dengan diameter lubang, motor akan memiliki tenaga
yang besar tetapi akan menghasilkan nafas yang pendek.
Suara
yang dihasilkan bergantung pada bahan dan ketebalan glasswool. Semakin
padat dan bahannya berkualitas, suara akan semakin bulat dan berisik.
Tetapi suara yang tarlalu bising akan mengganggu orang lain dan akan
ditindak tegas. Batas kebisingannya 80-175 cc adalah 83 Db, sedangkan
motor diatas 175 cc adalah 80 Db.
Jika anda terlalu khawatir menimbulkan
dampak yang tidak bagus pada mesin, anda bisa memainkan pilot jet,
spuyer, atau stelan lainnya di bagian karburator. Tetapi pada umumnya,
stelan ini jarang bahkan tidak pernah digunakan karena efek negatif yang
dihasilkan dari knalpot custom tidak begitu signifikan untuk mesin.
Perhatikan
juga panjangnya leher angsa. Ada hitungan khusus dengan spesifikasi
mesin. Jika terlalu panjang, mesin akan cepat panas. Jika kependekan,
tenaganya jadi berkurang.
Dengan
perhitungan yang benar dan pas, knalpot custom biasanya mampu
mendongkrak tenaga 1 PS, dan bisa didapat pada RPM lebih rendah. Yang
artinya akselerasi bertambah, tanpa harus di stel ulang karburatornya.
Kalau disertakan sedikit stelan, tenaga bisa naik dua kali lipat. Tetap
jika ditambahkan porting cylinder head dan memainkan noken as, akan
lebih banyak tenaga yang menyembur keluar. Demikianlah beberapa tips
pemasangan knalpot custom, selamat mencoba.
0 komentar:
Posting Komentar