1. Tekanan angin
Tekanan
angin pada ban harus selalu dijaga, ini merupakan faktor paling utama
yang mempengaruhi umur ban. Tekanan angin yang terlalu besar atau
terlalu kecil akan membuat ban aus secara tidak merata, terlalu besar
maka bagian tapak tengah ban akan lebih cepat habis, terlalu rendah maka
bagian pinggir dari ban yang akan lebih cepat habis. Tekanan angin yang
ideal pada setiap mobil berbeda-beda, sebagai acuannya biasanya pada
semua buku panduan mobil anda pasti tertera ukuran angin yang paling
ideal untuk mobil anda. Tetapi pada umumnya ukuran angin yang dipakai
berkisar antara 30-35 psi angin biasa.
2. Isi dengan Nitrogen
Tekanan
angin nitrogen memiliki sifat yang lebih dingin dan lebih stabil.
Perbedaan yang paling signifikan antara nitrogen dan angin biasa disaat
mobil harus melakukan perjalanan jauh. Tekanan angin biasa akan
meningkat lebih tinggi daripada angin nitrogen, pada akhirnya akan
membuat ban lebih awet dikarenakan tekanan angin yang stabil membuat ban
tidak kelebihan tekanan disaat perjalanan jauh.
3. Balancing secara berkala
Balancing
berguna untuk membuat semua beban pada ban dan velg menjadi seimbang.
Efek dari balancing adalah menghilangkan getar pada setir disaat mobil
berjalan, dengan hilangnya getaran pada ban mobil maka akan membuat aus
pada ban mobil lebih merata.
4. Spooring secara berkala
Spooring berguna untuk mengatur kembali beberapa seting dari kaki-kaki agar kembali pada posisi yang normal / 0.
dengan spooring maka kaki-kaki akan di kembalikan kepada posisi normal sehingga dapat mengurangi gejala aus ban tidak merata, habis luar atau habis dalam.
dengan spooring maka kaki-kaki akan di kembalikan kepada posisi normal sehingga dapat mengurangi gejala aus ban tidak merata, habis luar atau habis dalam.
5. Rotasi ban
Rotasi
ban adalah merubah posisi ban secara berkala dan secara teratur, dengan
melakukan rotasi ban secara berkala akan membuat ban aus secara merata.
Kesehatan kaki-kaki pada ke empat kaki-kaki mobil pasti berbeda-beda,
beban yang diterima oleh ke empat kaki-kaki pada mobil pun pasti
berbeda-beda, dengan melakukan rotasi maka akan membuat distribusi beban
menjadi lebih merata pada ke semua ban sehingga pada akhirnya umur ban
akan lebih maksimal.
6. Semir ban
Kegunaan
dari semir ban selain membuat ban menjadi mengkilap, juga membantu
menjaga kelenturan pada ban. Membuat ban menjadi tetap lentur dan tidak
kering.
0 komentar:
Posting Komentar