14 Januari 2013

Teknologi Yamaha Mio J, Motor Matic Injeksi Irit


Yamaha Mio J, sebagai motor matic injeksi irit harga murah, hadir dengan teknologi injeksi YMHET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection) yang sangat mengagumkan. 

Pada throttle bodinya, YMJET-FI dirancang memiliki dua katup butterfly. Upstream throttle body atau katup primer terletak di moncong throttle body yang dekat dengan filter udara, sedang downstream throttle body atau katup sekunder mengarah langsung ke intake manifold atau pada YMJET-FI disebut dengan main air passage.

Kedua katup ini mulai bekerja ketika selongsong gas dibuka. Saat throttle terbuka kurang dari 10 persen maka hanya katup primer yang terbuka. Aliran udara yang masuk ke ruang bakar lewat selang air assist passage tanpa lewat intake manifold. Kondisi ini bertahan sampai putaran mesin 4.000 sampai 5.000 rpm.

Makin dalam putaran gas dibuka, maka katup sekunder akan mulai terbuka. Dalam kondisi ini aliran udara mulai masuk lewat intake manifold. Sedang kerja selang air assist passage secara perlahan benar-benar berhenti setelah selongsong gas dibuka penuh.



Pada putaran rendah, aliran udara sengaja dipaksa melewati selang air assist passage. Tentunya untuk mendapatkan asupan udara yang efisien. Tidak kebanyakan tapi memiliki tekanan yang lebih besar. Apalagi selang air assist passage juga mampu memberikan efek turbulensi dan didukung dengan fuel pump baru dengan tekanan lebih tinggi, mencapai 324 Kpa. Akhirnya kabut bahan bakar jadi lebih halus, pembakaran makin sempurna. Torsi jadi mantab tapi efisiensi bahan bakar didapat.

Yamaha Mio J sebagai motor matic injeksi yang irit, memiliki efisiensi pada putaran rendah, sesuai cara berkendara normal sehari-hari, yaitu pada kecepatan 20 sampai 55 km/jam. Seperti halnya motor bebek injeksi kencang dan irit Jupiter Z1, yang baru saja diluncurkan.

0 komentar:

Posting Komentar