19 Januari 2013

Tips Perawatan Ban Mobil


Ban, adalah bagian terpenting pada sebuah mobil, berikut ini adalah tips perawatan ban untuk mendapatkan umur maksimal pemakaian ban mobil anda.

1. Tekanan angin

Tekanan angin pada ban harus selalu dijaga, ini merupakan faktor paling utama yang mempengaruhi umur ban. Tekanan angin yang terlalu besar atau terlalu kecil akan membuat ban aus secara tidak merata, terlalu besar maka bagian tapak tengah ban akan lebih cepat habis, terlalu rendah maka bagian pinggir dari ban yang akan lebih cepat habis. Tekanan angin yang ideal pada setiap mobil berbeda-beda, sebagai acuannya biasanya pada semua buku panduan mobil anda pasti tertera ukuran angin yang paling ideal untuk mobil anda. Tetapi pada umumnya ukuran angin yang dipakai berkisar antara 30-35 psi angin biasa.

2. Isi dengan Nitrogen

Tekanan angin nitrogen memiliki sifat yang lebih dingin dan lebih stabil. Perbedaan yang paling signifikan antara nitrogen dan angin biasa disaat mobil harus melakukan perjalanan jauh. Tekanan angin biasa akan meningkat lebih tinggi daripada angin nitrogen, pada akhirnya akan membuat ban lebih awet dikarenakan tekanan angin yang stabil membuat ban tidak kelebihan tekanan disaat perjalanan jauh.

3. Balancing secara berkala

Balancing berguna untuk membuat semua beban pada ban dan velg menjadi seimbang. Efek dari balancing adalah menghilangkan getar pada setir disaat mobil berjalan, dengan hilangnya getaran pada ban mobil maka akan membuat aus pada ban mobil lebih merata.

4. Spooring secara berkala

Spooring berguna untuk mengatur kembali beberapa seting dari kaki-kaki agar kembali pada posisi yang normal / 0.
dengan spooring maka kaki-kaki akan di kembalikan kepada posisi normal sehingga dapat mengurangi gejala aus ban tidak merata, habis luar atau habis dalam.

5. Rotasi ban

Rotasi ban adalah merubah posisi ban secara berkala dan secara teratur, dengan melakukan rotasi ban secara berkala akan membuat ban aus secara merata. Kesehatan kaki-kaki pada ke empat kaki-kaki mobil pasti berbeda-beda, beban yang diterima oleh ke empat kaki-kaki pada mobil pun pasti berbeda-beda, dengan melakukan rotasi maka akan membuat distribusi beban menjadi lebih merata pada ke semua ban sehingga pada akhirnya umur ban akan lebih maksimal.

6. Semir ban

Kegunaan dari semir ban selain membuat ban menjadi mengkilap, juga membantu menjaga kelenturan pada ban. Membuat ban menjadi tetap lentur dan tidak kering.

0 komentar:

Posting Komentar